Peringati HKN ke-58, Dinas Kesehatan KSB Gelar Kampanye Germas

Sumbawa Barat -- Dalam rangka memperingati Hari Kesehatan Nasional ke-58 tahun 2022, Dinas Kesehatan Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) melaksanakan Kegiatan Kampanye Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) Tingkat Kabupaten yang terlaksana di Lapangan Graha Fitrah Kompleks KTC, Jum’at (21/10/2022).

GERMAS adalah sebuah gerakan yang bertujuan untuk memasyarakatkan budaya hidup sehat serta meninggalkan kebiasaan dan perilaku masyarakat yang kurang sehat. Aksi GERMAS ini juga diikuti dengan memasyarakatkan perilaku hidup bersih sehat dan dukungan untuk program infrastruktur dengan basis masyarakat.

(Foto: Kepala Dinas Kesehatan KSB Hj. Erna Idawati, SE)

Kepada media, Kepala Dinas Kesehatan KSB Hj. Erna Idawati, SE mengatakan, bahwa Setidaknya terdapat 7 langkah penting dalam rangka menjalankan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat. Ketujuh langkah tersebut merupakan bagian penting dari pembiasaan pola hidup sehat dalam masyarakat guna mencegah berbagai masalah kesehatan yang beresiko dialami oleh masyarakat Indonesia.

Adapun 7 langkah GERMAS yang dapat menjadi panduan menjalani pola hidup yang lebih sehat, jelas Hj. Erna, yakni 1. Melakukan Aktivitas Fisik, Perilaku kehidupan modern seringkali membuat banyak orang minim melakukan aktivitas fisik; baik itu aktivitas fisik karena bekerja maupun berolah raga.

"Kemudahan – kemudahan dalam kehidupan sehari – hari karena bantuan teknologi dan minimnya waktu karena banyaknya kesibukan telah menjadikan banyak orang menjalani gaya hidup yang sehat. Bagian germas aktivitas fisik merupakan salah kurang satu gerakan yang diutamakan untuk meningkatkan kualitas kesehatan seseorang," jelasnya.

Ke-2 yakni Budaya Konsumsi Buah dan Sayur, dimana keinginan untuk makan makanan praktis dan enak seringkali menjadikan berkurangnya konsumsi sayur dan buah yang sebenarnya jauh lebih sehat dan bermanfaat bagi kesehatan.

"Beberapa jenis makanan dan minuman seperti junk food dan minuman bersoda sebaiknya dikurangi atau dihentikan konsumsinya. Menambah jumlah konsumsi buah dan sayur merupakan contoh GERMAS yang dapat dilakukan oleh siapapun," ujarnya.

Ke-3 yakni Tidak Merokok, Merokok merupakan kebiasaan yang banyak memberi dampak buruk bagi kesehatan. Berhenti merokok menjadi bagian penting dari gerakan hidup sehat dan akan berdampak tidak pada diri perokok; tetapi juga bagi orang – orang di sekitarnya.

"Meminta bantuan ahli melalui hipnosis atau metode bantuan berhenti merokok yang lain dapat menjadi alternatif untuk menghentikan kebiasaan buruk tersebut," cetusnya.

(Iklan: Dinas Kesehatan mengucapkan Selamat Hari Lahir ke-19 Kabupaten Sumbawa Barat)

Ke-4 yakni Tidak Mengkonsumsi Minuman Beralkohol, dimana Minuman beralkohol memiliki efek buruk yang serupa dengan merokok; baik itu efek buruk bagi kesehatan hingga efek sosial pada orang – orang di sekitarnya.

Ke-5 yakni Melakukan Pemeriksaan Kesehatan Secara Berkala. Hal ini merupakan salah satu bagian dari arti germas sebagai gerakan masyarakat hidup sehat adalah dengan lebih baik dalam mengelola kesehatan. Salah satunya adalah dengan melakukan pemeriksaan kesehatan secara rutin dan tidak hanya datang ke rumah sakit atau puskesmas ketika sakit saja. Langkah ini dapat memudahkan mendeteksi penyakit atau masalah kesehatan lebih dini.

Ke-6 yakni, Menjaga Kebersihan Lingkungan. Bagian penting dari germas hidup sehat juga berkaitan dengan meningkatkan kualitas lingkungan; salah satunya dengan lebih serius menjaga kebersihan lingkungan. Menjaga kebersihan lingkungan dalam skala kecil seperti tingkat rumah tangga dapat dilakukan dengan pengelolaan sampah. Langkah lain yang dapat dilakukan adalah menjaga kebersihan guna mengurangi resiko kesehatan seperti mencegah perkembangan vektor penyakit yang ada di lingkungan sekitar.

Yang terakhir (ke-7) yakni Menggunakan Jamban. Aspek sanitasi menjadi bagian penting dari gerakan masyarakat hidup sehat, salah satunya dengan menggunakan jamban sebagai sarana pembuangan kotoran. Aktivitas buang kotoran di luar jamban dapat meningkatkan resiko penularan berbagai jenis penyakit sekaligus menurunkan kualitas lingkungan.

(Foto: Sepeda menjadi hadiah utama dalam Kempanye GERMAS dalan rangka memperingati HKN ke-58) 

"Bahkan, ditahun 2022 ini kegiatan kampanye Germas tingkat Kecamatan juga telah dilaksanakan di seluruh kecamatan yang dilaksanakan di wilayah kerja masing – masing," bebernya.

Hj. Erna mengungkapkan, bahwa Kegiatan Germas Tingkat Kabupaten Sumbawa Barat terakhir kali dilaksanakan tahun 2019. Karena pandemi Covid-19 dua (2) tahun terakhir kegiatan ini tidak dapat dilaksanakan.

"Alhamdulillah.... Tahun ini Kampanye Germas Tingkat Kabupaten telah dilaksanakan di Kabupaten Sumbawa Barat yang dirangkaiakan dengan peringatan Hari Kesehatan Nasional ke- 58 tahun 2022," ungkapnya.

Tujuan dari Kegiatan Kampanye Germas ini, lanjutnya mengatakan bahwa untuk menyampaikan informasi tentang indikator-indikator atau langkah-langkah Gerakan Masyarakat Hidup Sehat dan mengajak secara langsung langkah- langkah menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat kepada masyarakat di Kabupaten Sumbawa Barat.

(Foto: Bupati Sumbawa Barat, Dr. Ir. H. W Musyafirin, MM mengikuti senam sehat rangkaian dari Kempanye GERMAS)

"Semoga peringatan HKN ke-58 ini menjadi awal pulihnya berbagai sektor di masyarakat, sehingga Indonesia bisa kembali sehat dan kembali tumbuh, sesuai tema HKN ke- 58 ini 'Bangkit Indonesiaku Sehat Negeriku'. Saya berharap Kampanye Germas yang terus digadang-gadang ini dapat membuat generasi ke depan menjadi SDM yang berkualitas untuk daerah, bangsa dan negara," pungkasnya.

Untuk diketahui, Kegiatan – kegiatan yang telah dilaksanakan dalam rangka memperingati Hari Kesehatan Nasional tahun 2022 ini, antara lain:

1. Jambore Kader Posyandu yang meliputi Lomba-lomba:

- Penyuluhan tentang Stunting dan PHBS

- Lomba Pemilahan Sampah

- Lomba Menu Balita Sehat

- Lomba Senam Cerdik Beregu

- Lomba Yel-yel Posyandu Gotong Royong

2. Lomba Volly Ceria antar Fasilitas Pelayanan Kesehatan (Puskesmas dan RSUD Asy-Syifa)

3. Bakti Sosial serentak dilakukan oleh Dinas Kesehatan dan seluruh Puskesmas se- Kabupaten Sumbawa Barat, meliputi:

- Senam / Aktifitas Fisik;

- Makan buah bersma;

- Bersih – bersih pantai;

- Pemeriksaan Kesehatan ;

- Gotong Royong pembersihan lingkungan.

- Menyantuni anak yatim ke Panti Asuhan Al Balad Perjuk.

Kegiatan yang dilaksanakan pada hari Pelaksanaan Kamanye Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas), yaitu:

1. Pencanangan Gerakan makan buah bersama

2. Pemeriksaan Kesehatan

3. Pelayanan Vaksinasi Covid-19

4. Pelayanan Donor Darah

5. Penyerahan Mobil Ambulance Puskesmas Brang Rea. (An/*).