Bangkitnya Ekonomi Masyarakat Dengan Hadirnya Pasar Di Dusun Sangkawati Kabupaten Lombok Tengah


Oleh : Muh. Alamsyah (Mahasiswa KKP UIN Mataram)

Pasar adalah istilah yang sangat sering kita dengar sebagai sebuah tempat untuk bertemunya penjual dan pembeli yang biasanya terdiri dari berbagai berbagai jenis barang yang di perjualbelikan. 

Dengan hadirnya pasar tentu sangatlah berpengaruh dalam meningkatkan ekonomi masyarakat sekitar. Dengan banyaknya kunjungan masyarakat yang berbelanja akan menimbulkan pengaruh adanya sumber sumber pendapatan baru bagi masyarakat.

Contohnya mulai dari Parkir, Jual Beli Barang dan berbagai kegiatan ekonomi lainnya, Bisa menjadi sumber pendapatan masyarakat. Selain itu, dengan adanya persaingan antar para penjual di harapkan mampu menjadi motivasi bagi masyarakat untuk membuat inovasi inovasi untuk memajukan usahanya.

Dengan adanya sumber sumber pendapatan masyarakat akan berpengaruh terhadap daya beli masyarakat.

Adam Smith mengemukakan teori bahwa mekanisme pasar akan menjadi alat alokasi sumber daya yang efisien artinya dengan adanya pasar akan mempercepat pertumbuhan ekonomi suatu daerah.

Dengan hadirnya Pasar di Dusun Sangkawati, Desa Pagutan di Harapkan Bisa Menjadi wadah dalam mempercepat atau akselerasi pertumbuhan ekonomi masyarakat di Desa Pagutan. Sesuai dengan Branding Desa Pagutan Yang Maju & Bermartabat. 

Tentu itu semua akan bisa terlaksana dengan adanya kolaborasi dan sinergi antar stakeholder (pihak terkait) dengan masyarakat sekitar guna mewujudkan kemandirian ekonomi pungkas Alamsyah (kkp uin mataram).