Disnakertrans Antar PMI Asal KSB ke Keluarganya

Sumbawa Barat -- Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) mengantarkan ibu Latifah binti Mohammad (51) bertemu keluarganya kembali.

Diketahui, ibu Latifah merupakan seorang Pekerja Migran Indonesia (PMI) yang bekerja di Malaysia. Selama belasan tahun ia putus komunikasi dengan keluarganya di lingkungan Karang Kuta, Kelurahan Kuang Kecamatan Taliwang Kabupaten Sumbawa Barat (KSB).

Kepala Disnakertrans KSB Ir. H. Muslimin, M.Si melalui Sekretaris Dinas Mars Anugerahinsyah mengatakan, bahwa Pemulangan Latifah ke KSB, difasilitasi oleh Badan Pelayanan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (PB3MI) Jawa Timur.

"Ibu Latifah ini tiba pada Jumat lalu, kepulangannya ke sini diantar oleh petugas UPT BP2MI NTB dan selanjutnya kami mengantar beliau ke kediaman anaknya yang berada di karang Kuta untuk kami serah terimakan,” jelas Mars Anugerahinsyah, Minggu (28/05/2023).

Mars menjelaskan, penelusuran terhadap keberadaan ibu Latifah ini berawal dari laporan BP3MI Jawa Timur. Bahwa ada seorang PMI asal NTB yang pulang dari Malaysia bersama rekannya yang berasal dari Jawa Timur. Latifah saat itu tidak dapat memberikan keterangan pasti asalnya di NTB karena dalam kondisi depresi.

“Info dari BP3MI Jatim itu sekitar 1 bulan lalu. Kemudian kita coba telusuri beliau dan kita cari juga keluarganya di sini. Dan alhamdulillah pihak keluarga di sini membenarkan bahwa ibu Latifah itu adalah anggota keluarganya,” papar Mars.

Dari pengakuan pihak keluarga, Mars menyebut, Latifah memang sudah belasan tahun tidak memberikan informasi terkait keberadaannya di Malaysia. Terakhir ibu Latifah berhubungan dengan keluarga sekitar 15 tahun lalu. 

“Nah setelah itu beliau tidak pernah ada kabar lagi sampai akhirnya kita dapat info dari BP3MI Jatim. Kami pun mengeceknya dan benar yang disampaikan itu benar adalah ibu Latifah,” pungkasnya. (An/DiskominfoKSB)