'SIP Kanti' Aplikasi Perekrutan Tenaga Kerja di KSB

Sumbawa Barat -- Perekrutan tenaga kerja di Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) harus melalui satu pintu, yaitu Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans), termasuk dalam pemenuhan tenaga kerja untuk pembangunan perusahaan pengolahan dan pemurnian hasil tambang (Smelter).

Mengingat jumlah kebutuhan tenaga kerja untuk perusahaan tambang terbesar ke dua di Indonesia itu sangat banyak, termasuk sebagai upaya memudahkan akses para pelamar dan sebagai bentuk transparansi, Disnakertrans KSB telah merampungkan aplikasi Sistem Informasi Pelamar, tenaga kerja terintegrasi (SIP Kanti). 

“Aplikasi SIP Kanti menjadi salah satu inovasi dari kami,” kata Tohirudin, SH selaku Kepala Bidang Penempatan Tenaga Kerja saat di hubungi media, Ahad (07/05/2023).

Inovasi Disnakertrans KSB dengan menyiapkan aplikasi SIP Kanti prinsipnya sebagai bentuk persiapan dalam menghadapi perekrutan tenaga kerja yang lebih banyak. 

“Melalui aplikasi ini kita bisa mendapatkan data secara utuh para pencari kerja, sehingga setiap waktu ada perubahan data base, lantaran lamaran terpusat dalam satu aplikasi,” tuturnya.

Terkait dengan rencana perekrutan tenaga kerja untuk pekerjaan pembanguan Smelter tahap kedua ini, Tohir mengakui bahwa pemerintah KSB telah memiliki tim khusus yang diberikan kepercayaan untuk melaksanakan serta mengawal semua proses. 

“Sudah ada tim terpadu perekrutan tenaga kerja pembangunan pabrik smelter. Tim dimaksud melibatkan unsur pemerintah dan berbagai perusahaan,” pungkasnya (An/Diskominfo).