Unit Pelayanan Donor Darah RSUD Asy-Syifa’ Buka 24 Jam

Sumbawa Barat – Darah merupakan produk yang tidak bisa dibeli karena hanya bisa di dapatkan dari orang yang bersedia mendonorkan darahnya. Untuk itu, Unit Pelayanan Darah Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Asy-Syifa’ Sumbawa Barat siap melayani 24 jam jika ada masyarakat yang ingin mendonorkan darahnya.

Hal tersebut dikarenakan kebutuhan akan kantung darah di Rumah Sakit Umum Daerah Asy-Syifa’ Sumbawa Barat semakin meningkat terutama sangat dibutuhkan bagi kasus-kasus pasien cuci darah, melahirkan, dan operasi.

Maka dari itu, dr. Carlof selaku Direktur RSUD Asy-Syifa’ mengajak masyarakat Sumbawa Barat untuk melakukan donor darah agar kebutuhan akan kantung darah bagi pasien yang membutuhkan tetap ada dan tidak terjadinya kelangkaan.

“Untuk mencegah kelangkaan kantung darah ini, kami juga rutin melakukan kegiatan lapangan donor darah. Seperti misalnya pada hari Selasa 7 Juni 2022 kemarin, tim lapangan melaksanakan bakti sosial donor darah dalam rangka Hari Bhayangkara ke-76 di Polres KSB dan dari kegiatan tersebut dapat terkumpul 67 kantong darah,” ujar dr. Carlof diruangan kerjanya, Rabu (8/6/2022).

Tak hanya itu, RSUD Asy-Syifa’ juga sedang melakukan kerjasama dengan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Sumbawa Barat untuk mendapatkan data besar golongan darah penduduk KSB dan kemudian dipetakan by name by adress.

“Setelah data besarnya sudah ada, selanjutnya kami akan duduk bersama dengan Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMDes) untuk meminta pelibatan Agen PDPGR untuk mengupdate dan melengkapi data golongan darahnya hingga ke tingkat desa,” jelas dr. Carlof.

Hal ini dilakukan, agar dapat mempermudah pihaknya untuk mengetahui golongan darah masyarakat beserta tempat domisilinya, sehingga jika ada pasien yang membutuhkan golongan darah tertentu, dan tetangganya atau masyarakat tempat berdomisilinya pasien tersebut memiliki golongan darah yang sama dengan pasien, maka seharusnya kita dapat lebih mudah melakukan upaya pemenuhan darah melalui tetangga lingkungan sekitar selain melalui keluarga terdekat.

Tak hanya itu, dr. Carlof juga menjelaskan akan pentingnya mendonorkan darah, dimana dengan mendonorkan darah maka tubuh akan semakin segar karena tubuh lewat sumsum tulang belakang akan bekerja untuk mengganti kehilangan darah yang terjadi.

“Donor darah akan menstimulasi produksi sel darah merah yang baru, sehingga membantu menjaga kesehatan tubuh.” Pungkasnya.