Kapolres Ajak Masyarakat KSB Jaga Kondusifitas

(Foto : Kapolres Sumbawa Barat, AKBP Heru Muslimin, S.IK, M.IP)

Sumbawa Barat - Dalam rangka mengantisipasi keamanan dan ketertiban masyarakat, Kepala Kepolisian Resor Sumbawa Barat, AKBP Heru Muslimin, S.IK, M.IP mengajak seluruh komponen masyarakat untuk ikut terlibat aktif menjaga situasi (Kamtibmas) agar tetap terpelihara dengan aman dan kondusif.

"Saya mengajak seluruh masyarakat untuk tetap menjaga situasi kamtibmas di Kabupaten Sumbawa Barat tetap kondusif. Tanpa adanya peran serta masyarakat untuk terlibat langsung bisa jadi keamanan bersama seluruh masyarakat akan terganggu," kata Kapolres AKBP Heru Muslimin, kepada awak media, Sabtu (15/10/2022). 

Bukan hanya itu, bahkan, secara tegas Kapolres memerintahkan untuk menangkap provokator-provokator dan pendana yang mencoba membuat kondusifitas di daerah tersebut menjadi terganggu.

"Saya perintahkan untuk menangkap dan tindak tegas siapa saja yang *provokatif dan mendanani kegiatan yang mencoba membuat situasi kamtibmas* terganggu, baik itu dari dalam maupun luar KSB," tegas Kapolres.

Perwira dua melati dipundaknya ini mengharapkan, semua elemen masyarakat di Kabupaten Sumbawa Barat untuk terus mempertahankan situasi kamtibmas yang kondusif sehingga dapat mendukung kelancaran pelayanan pembangunan, pemerintahan dan kemasyarakatan.

"Mengingat saat ini sudah memasuki tahun politik saya mengajak seluruh elemen masyarakat untuk bersama-sama menjaga kondusifitas jangan mudah dihasut, dengan isu-isu yang belum tentu ada kebenaranya," ujarnya.

Lebih lanjut, Kapolres mengatakan bahwa pembangunan yang berkesinambungan di suatu daerah akan berjalan mulus dengan semangat kebersamaan warga dan pemerintah daerahnya, termasuk dukungan dari aparat keamanan yaitu TNI dan Polri.

"Daerah ini memiliki potensi sumber daya alam yang cukup luar biasa. Tentunya, hal itu membutuhkan sinergitas multi pihak untuk mengembangkannya. Jika daerahnya kacau, bagaimana bisa membangun. Peran semua elemen sangat diharapkan dalam mewujudkan situasi agar tetap kondusif sehingga masyarakat bisa nyaman dalam bekerja dan beraktifitas. Karena tanggung jawab keamanan tidak hanya pada TNI-Polri tapi unsur FKPD, stakeholder dan seluruh elemen masyarakat juga memiliki tanggung jawab dalam menjaga keamanan wilayah," tutur Kapolres.

Kapolres kembali mengingatkan, jika ada tindakan tertentu yang dapat mengganggu Kamtibmas di tengah masyarakat dapat dilaporkan kepada aparat berwenang sehingga bisa dicegah lebih dini kejadian yang tidak di inginkan.

"Apabila ada tindakan yang berpotensi meresahkan masyarakat, saya minta masyarakat segera laporkan. Intinya, kami mengutamakan penegakkan hukum terhadap pelaku yang dapat mengganggu situasi kamtibmas. Siapapun yang melanggar hukum tentu akan dilakukan tindakan tegas," pungkasnya. (An).