Meski Libur Lebaran, Pelayanan Cuci Darah RSUD Asy-Syifa' Tetap Buka

Sumbawa Barat - Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Asy-Syifa' Sumbawa Barat tetap melayani pasien cuci darah saat libur dan cuti Lebaran 2023.

Pasien yang memerlukan hemodialisa (cuci darah) akan tetap dilayani selama cuti bersama termasuk saat hari Raya Idul Fitri.

"Kami upayakan semaksimal mungkin pelayanan kesehatan terhadap masyarakat meski pada saat Lebaran sekali pun. Untuk pasien hemodialisa atau cuci darah tetap dilayani saat cuti dan libur Lebaran," ujar Direktur RSUD Asy-Syifa, Jum'at (14/04/2023).

Saat ini, kata Dirut, pasien cuci darah sudah mempunyai jadwal tersendiri untuk melakukan proses pencucian darah dan pihaknya juga telah melakukan persiapan dalam menghadapi libur lebaran agar pasien yang memerlukan tindakan cuci darah tidak terganggu dn tetap terlayani.

"Selama libur Lebaran, Pasien yang memerlukan tindakan pelayanan cuci darah tidak perlu khawatir tidak bisa melakukan cuci darah. Karena kami memastikan membuka layanan tersebut seperti biasa." ujar dr. Carlof.

Ia menambahkan, untuk pelayanan di IGD, pihaknya sudah mengatur jadwal jaga. Begitu juga di ruang rawat inap. Meski libur Lebaran, pasien rawat inap mendapatkan pelayanan yang sama. Bahkan, dokter spesialis tetap melakukan visite di ruang rawat inap sesuai jadwal jaga. 

"Artinya bagaimana kita bisa memberikan pelayanan sebaik-baiknya, sehingga pada saat libur pun kita siagakan petugas untuk melakukan pelayanan di tanggal 21 dan 22 April juga tetap masuk," katanya.

Sebagai informasi, setelah mulai dibuka, kini klinik Hemodialisa RSUD Asy-Syifa’ Sumbawa Barat memiliki 9 mesin untuk layanan 6 hari dalam seminggu. Dimana pelayanan hemodialisa yang merupakan pelayanan unggulan RSUD Asy-Syifa’. (An).