Dewan Udayana Apresiasi Mori Pimpin Sendiri Rapat Paripurna Pemberhentiannya


AkurasiNTB, Mataram -- Pergantian Antar Waktu (PAW) H. Mori Hanafi sebagai pimpinan DPRD Provinsi NTB akhirnya di paripurnakan pada Kamis 28 April 2022. Mori sendiri memimpin langsung Rapat Paripurna pengesahan pergantian dirinya sebagai Wakil Ketua DPRD NTB.

Tindakan Mori yang memimpin langsung jalannya rapat paripurna pemberhentiannya sebagai pimpinan DPRD NTB tersebut membuat takjub koleganya sesama anggota Dewan Udayana. Mori dinilai sebagai sosok politisi sejati yang patut menjadi contoh bagi politisi yang lain.

“Saya kagum dan bangga dengan saudaraku H. Mori Hanafi yang telah menunjukkan jiwa besar dan ketokohannya. Kesanggupan Mori Hanafi memimpin sendiri sidang paripurna untuk pemberhentian darinya sebagai Wakil Ketua DPRD NTB sungguh sangat luar biasa,” ucap Ketua Komisi III DPRD NTB, TGH. Mahalli Fikri.

Menurut Politisi partai Demokrat itu, sikap politik yang ditunjukkan Mori terhadap keputusan partai Gerindra yang memberhentikan dirinya sendiri sebagai pimpinan DPRD NTB tersebut, harus diteladani oleh dirinya dan juga politisi lain di NTB.

“Saudara Mori Hanafi telah menginspirasi saya untuk memahami banyak hal yang tidak pernah terduga dalam hidup ini,” kata Mahalli.

Apresiasi dan kekaguman terhadap sikap politik Mori tersebut juga diungkapkan Ketua fraksi partai Demokrat, H Rahman H. Abidin. Ia mengaku bahwa meskipun secara usia, dirinya lebih senior dari Mori, tapi kedewasaan politik Mori dinilainya lebih senior dibandingkan dirinya.

“Hari ini kita di pertontonkan kebesaran jiwa dan ketokohan pak H Mori Hanafi. Saya sendiri ndak mampu seperti beliau. Semoga Allah selalu melindungi dan mengangkat derajat beliau di masa depan,” ungkap Rahman.

Demikian juga dengan calon pengganti Mori sebagai Wakil Ketua DPRD NTB, Nauvar F. Farinduan juga angkat topi dengan sikap politik Mori, yang dengan jiwa besar memimpin sendiri rapat paripurna pergantian pimpinan DPRD NTB tersebut.

“Saya bangga dan salut atas apa yang telah kami lihat hari ini Pak Mori memimpin sendiri paripurna ini. Pak Mori telah membuktikan bahwa beliau adalah pimpinan sejati, secara pribadi adinda mohon arahan dan bimbingan Abangda selalu kedepanya,” ungkap Farin.

Ketakjuban terhadap Mori juga datang dari Ketua Fraksi PKS, H. Patompo Adnan. Menurutnya dalam dinamika politik pergantiannya sebagai pimpinan DPRD, sesungguhnya Mori adalah pemenangnya, karena ia mampu mengalahkan ambisi politik pribadinya untuk kepentingan partai.

“Beliau Pemenang, salut dengan pak mori. Saya yakin karir beliau akan terus gemilang kedepannya, insya Allah,” ucap Patompo. (red)