Jurnalis Cantik ini Tewas Terkena Rudal Rusia di Kyiv


AkurasiNTB, Jakarta - Seorang jurnalis Radio Liberty tewas dalam serangan rudal Rusia di Kyiv saat sekretaris jenderal Perserikatan Bangsa-Bangsa berkunjung ke ibukota Ukraina, Kamis, 28 April 2022.

Radio Free Europe/Radio Liberty (RFE/RL) yang berbasis di Praha mengatakan, mayat produser Vira Hyrych ditemukan pada Jumat pagi di reruntuhan setelah serangan Kamis menghancurkan dua lantai bawah sebuah bangunan tempat tinggal. Dikatakan Hyrych telah bekerja untuk Radio Liberty sejak 2018.

"Dia akan tidur ketika rudal balistik Rusia menghantam apartemennya di Kyiv tengah. Kebiadaban Rusia tidak bisa dipahami," kata juru bicara Kementerian Luar Negeri Ukraina Oleg Nikolenko. "Kami menyerukan organisasi media untuk mengutuk pembunuhan Vira dan semua warga Ukraina tak bersalah lainnya."

RFE/RL yang didanai AS dan telah meliput bekas Uni Soviet sejak Perang Dingin, adalah media berbahasa Rusia yang tersisa untuk berita di luar kendali Kremlin, karena Moskow secara efektif menutup semua media independen di Rusia setelah invasinya ke Ukraina pada 24 Februari.