Peringati Hari Ginjal Sedunia, RSUD Asy-Syifa' Gelar Penyuluhan

(Foto: dr. Frangky Renato Antonius, Sp.PD., Finasim selaku Dokter Spesialis Penyakit Dalam saat memaparkan materi penyuluhan)

Sumbawa Barat -- Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Asy-Syifa' Sumbawa Barat menggelar penyuluhan dalam rangka memperingati Hari Ginjal Sedunia tahun 2023.

Sosialisasi yang dilaksanakan RSUD Asy-Syifa' tersebut bertema "Kidney Health for All - Preparing for the unexpected, supporting the vulnerable".

dr. Carlof selaku Direktur RSUD Asy-Syifa' mengatakan, bahwa sasaran dari penyuluhan itu ialah masyarakat umum terutama pasien atau keluarga pasien yang melakukan perawatan di Ruang Hemodialisa.

"Masyarakat menerima penyuluhan tentang bagaimana cara agar dapat menjaga ginjal tetap sehat yang langsung dipaparkan oleh dr. Frangky Renato Antonius, Sp.PD., Finasim selaku Dokter Spesialis Penyakit Dalam," kata dr. Karlof kepada media, Minggu (26/03/2023).

Ia menjelaskan, bahwa dalam penyuluhan tersebut, dr. Frangky menyampaikan materi tentang 8 golden rules untuk menjaga fungsi ginjal, yaitu : 

1. Tetap fit, aktif beraktivitas,

2. Makan makan sehat dan kurangi garam,

3. Cek dan kontrol gula darah,

4. Cek dan kontrol tekanan darah,

5. Minum air putih yang cukup,

6. Jangan Merokok,

7. Jangan konsumsi obat penghilang nyeri / anti inflamatory secara reguler,

8. Periksa fungsi ginjal.


Tak hanya menyampaikan materi tentang 8 golden rules untuk menjaga fungsi ginjal, dr. Frangky juga memaparkan terkait pengaturan asupan cairan pada pasien cuci darah. 

"Masyarakat yang hadir hampir seluruhnya adalah keluarga pasien yang menderita gagal ginjal, merasa senang atas informasi dan pengetahuan baru yang diterima," pungkasnya. (An).