Disnakertrans KSB Terus Berupaya Selamatkan PMI Bermasalah

Sumbawa Barat -- Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) terus melakukan upaya dalam memulangkan Pekerja Migran Indonesia (PMI) yang tengah bermasalah di luar negeri.

Kepala Disnakertrans KSB Ir. H. Muslimin, M.Si melalui Sekretaris Dinas Mars Anugerahinsyah berharap kepada masyarakat yang memiliki anggota keluarga bekerja di luar negeri dan selama ini bermasalah agar melaporkan ke Disnakertrans KSB.

 “Kami akan mengkoordinasikan dengan seluruh pihak berwenang mengenai PMI ini. Dan tidak saja yang bermasalah, kalau kemudian ada yang kehilangan kontak atau lainnya lapor saja. Insyaallah kami akan bantu karena itulah salah satu tugas dinas kami,” kata Mars. Rabu (24/05/2023).

Sebagai dinas teknis, Mars mengakui, kasus penelantaran PMI yang tidak dapat pulang ke Indonesia menjadi salah satu PR (pekerjaan rumah) Disnakertrans KSB selama ini. Persoalan ini menjadi pelik untuk diselesaikan sebab PMI yang menjadi korban umumnya pergi bekeria tidak melalui jalur resmi.

Meski demikian Disnakertrans KSB tetap berupaya melakukan berbagai cara untuk memulangkan mereka. Menurut Mars, sebagai warga negara Indonesia keberadaan PMI tersebut tetap memiliki hak untuk mendapat perlindungan dari negara. 

“Jadi terlepas mereka pergi lewat jalur ilegal yang jelas mereka adalah warga KSB dan orang Indonesia. Dan kita berkewajiban melindungi mereka,” cetusnya.

Mars memprediksi kemungkinan ada banyak warga KSB yang menjadi PMI di sejumlah negara saat ini tak dapat pulang karena bermasalah. Ia mencontohkan, baru-baru ini telah datang seorang warga melaporkan istrinya yang tertahan di Arab Saudi meski diklaim telah habis kontrak kerjanya.

Tetapi setelah dilakukan penelitian, PMI bersangkutan ternyata berangkat tidak melalui jalur resmi. Diketahui ia pergi bekerja menggunakan visa pelancong (wisata) dan bukan untuk bekerja. 

“Katanya dapat pasoprtnya juga di KBRI Singapura. Atas aduan ini kami akan coba koordinasikan untuk mengupayakan kepulangannya,” pungkasnya. (An/DiskominfoKSB).