Bersinergi untuk Pencegahan Narkoba, Satnarkoba Polres KSB Pemdes Mura dan BNNK Gelar Sosialisasi

Sumbawa Barat - Satuan Reserse Narkoba Polres Sumbawa Barat bekerja sama dengan Pemerintah Desa Mura dan Badan Narkotika Nasional Kabupaten Sumbawa Barat (BNN KSB) menggelar Sosialisasi Pencegahan Narkoba pada Kamis (20/7/2023) mulai pukul 08.00 hingga 11.30 WITA. Kegiatan ini berlangsung di Aula Kantor Desa Mura, Kecamatan Brang Ene, Kabupaten Sumbawa Barat.

Kapolres Sumbawa Barat, AKBP Yasmara Harahap S.I.K, melalui Kasi Humas Polres IPDA Edi Sobandi Adireja S.Sos, menjelaskan bahwa sosialisasi ini dilaksanakan atas undangan dari Kepala Desa Mura, Sirajul Munir, dengan tujuan memberikan pemahaman dan upaya pencegahan penyalahgunaan narkoba.

Dalam acara tersebut, hadir Kepala Desa Mura, Sirajul Munir, Kasat Resnarkoba Polres Sumbawa Barat, AKP M. Fatoni SH, Analis Penyuluh dan Layanan Informasi BNNK Sumbawa Barat, Ardiansyah, SE., MM, tokoh agama, tokoh masyarakat, perangkat desa, dan undangan lainnya.

Dijelaskan IPDA Eddy, bahwa pada kesempatan itu, Kasat Narkoba, AKP. M. Fatoni, SH, menyampaikan, bahwa Narkoba adalah musuh bersama, dan selain penegakan hukum, perlunya kerjasama pencegahan dari semua pihak. 

"Kami berterima kasih kepada Desa Mura yang secara aktif melakukan kegiatan pencegahan mandiri, sehingga dapat meminimalisir dan mencegah penggunaan narkoba di wilayah tersebut," kata IPDA Eddy mengutif kata Kasat Narkoba.

Lebih lanjut, Kasi Humas menjelaskan bahwa Kepala Desa Mura, Sirajul Munir, menyatakan, bahwa sebagai Desa Bersinar, kegiatan Sosialisasi Pencegahan Narkoba telah menjadi agenda rutin Pemerintah Desa Mura selama tiga tahun terakhir. 

"Kami mengundang Satres Narkoba Polres Sumbawa Barat dan Analis Penyuluh dan Layanan Informasi BNNK Sumbawa Barat sebagai narasumber untuk memberikan edukasi tentang Pencegahan Narkoba kepada seluruh peserta. Harapannya, setelah sosialisasi ini, terutama generasi muda Desa Mura, dapat lebih memahami bahaya narkoba dan menjauhinya," imbuhnya.

Kegiatan yang terselenggara ini merupakan bentuk komitmen kami dalam mencegah peredaran narkoba di masyarakat Desa Mura dan melindungi generasi muda dari bahayanya. 

"Kami berterima kasih kepada Kasat Narkoba yang selalu hadir sebagai narasumber dalam acara ini, mengingat kegiatan serupa telah kami lakukan dalam beberapa tahun terakhir. Kami juga berterima kasih kepada BNN KSB yang turut berkontribusi dalam acara ini, termasuk melaksanakan Tes Urin," kata Kades dikutif IPDA Eddy.

Kasi Humas menekankan bahwa kegiatan sosialisasi berjalan dengan tertib, aman, dan lancar, berkat dukungan pengamanan dari Bhabinkamtibmas Briptu M. Abror dan Babinsa Serka Abdul Kasim hingga pukul 11.30 WITA. (An).