Sentra Paramita Mataram Kemensos RI Salurkan Bansos ASTER di KSB

(Foto: Dra. Latifah Ningrum saat Menyalurkan Bantuan ASTER kepada Penerima Manfaat)

Sumbawa Barat – Dalam acara penyaluran bantuan sosial Asistensi Terintegrasi (ASTER) oleh Sentra Paramita Mataram Kementrian Sosial RI yang berlangsung di Aula Dinas Sosial Kabupaten Sumbawa Barat, terlihat antusiasme dan harapan dari para masyarakat penerima manfaat.

Kepala Sentra Paramita Mataram Dra. Latifah Ningrum mengatakan, bahwa penerima manfaat program ini menyasar klaster Disabilitas, klaster Anak, Lansia dan Keluarga Rentan yang telah di data sejak tahun 2022.

“Pada saat sebelum memberikan bantuan kita cek langsung ke lapangan guna verifikasi kembali apakah yang kemarin kita data di tahun 2022 itu masih ada atau sudah pindah atau sudah meninggal,” jelas Latifah saat diwawancarai media, Senin (17/07/2023).

Sehingga setelah dilakukannya verifikasi kembali, pihaknya menemukan sebanyak 200 orang yang di anggap memenuhi syarat untuk menerima manfaat dari program tersebut dan diberikan sesuai dengan anggaran yang tersedia.

Latifah mengungkapkan, bahwa pihaknya memiliki target setiap tahun dalam memberikan bantuan sosial diwilayah kerjanya itu, dan bantuan yang diberikan dapat berubah-ubah sesuai dengan kebutuhan yang di ajukan oleh Dinas Sosial setempat.

“Saat ini kami memang fokus kepada memberikan bantuan kepada Disabilitas, anak, lansia dan keluarga rentan. Akan tetapi tidak juga menutup kemungkinan bantuan untuk kewirausahaan bisa kami berikan berdasarkan pengajuan dari Dinas Sosial,” ungkapnya.

(Foto: Kepala Dinas Sosial KSB dr. Syaifuddin saat Memberikan Bantuan ASTER kepada Penerima Manfaat)

Agar bantuan yang di salurkan tepat sasaran, kata Latifah, pihaknya bersama Dinas Sosial membagi tempat penyaluran di beberapa titik karena lokasi rumah penerima manfaat bantuan sosial ini berbeda-beda dan jauh-jauh.

“Ada banyak opsi dalam penyaluran bantuan ini, apakah kami akan menyerahkan langsung dari kecamatan, atau Desa dan atau kami datang langsung ke rumah penerima manfaat untuk menyalurkan bantuan ini,” kata Latifah.

(Foto: Plh. Sekda KSB, Drs. Mulyadi, M.Si saat Menyalurkan Bantuan ASTER Kepada Penerima Manfaat)

Ditempat yang sama, Plh. Sekda KSB, Drs. Mulyadi, M.Si yang turut hadir dalam acara tersebut, menyatakan apresiasi terhadap partisipasi aktif dan maksimal dari Dinas Sosial dalam memastikan bantuan tepat sasaran. Dengan melakukan verifikasi dan validasi data secara bertahap di tingkat Desa hingga Kabupaten dalam upaya untuk memberikan bantuan tepat sasaran bagi kelompok rentan seperti disabilitas, anak, lansia dan keluarga rentan.

Apresiasi juga ia berikan kepada Sentra Paramita Mataram Kementerian Sosial RI atas upaya nyata dalam membantu masyarakat Kabupaten Sumbawa Barat. “Kehadiran program ASTER ini memberikan harapan baru bagi masyarakat yang sedang berjuang menghadapi berbagai kesulitan. Kami berharap program ini akan berlanjut dan semakin banyak masyarakat yang merasakan manfaatnya,” ucapnya.

Dengan semangat kebersamaan dan kolaborasi antara Pemerintah Daerah melalui Dinas Sosial dengan Sentra Paramita Mataram, diharapkan bantuan sosial ASTER dapat menjadi dorongan positif untuk memperkuat ketahanan sosial dan ekonomi masyarakat Kabupaten Sumbawa Barat dalam menghadapi masa depan yang lebih baik.

“Program ini menegaskan komitmen bersama dalam mewujudkan kesejahteraan dan kesetaraan bagi seluruh lapisan masyarakat, menciptakan dampak positif, dan memberikan perubahan yang berarti dalam kehidupan masyarakat Kabupaten Sumbawa Barat.” Pungkasnya.

Untuk diketahui, Kesuksesan penyaluran bantuan sosial ASTER ini menunjukkan dedikasi dan kerja sama antara Sentra Paramita Mataram Kementrian Sosial dengan Pemerintah Daerah melalui Dinas Sosial dan Agen Gotong Royong dalam melakukan verifikasi dan validasi data penerima manfaat. Program ini memberikan dampak positif bagi penerima manfaat dan berlanjut dalam menghadirkan perubahan positif bagi masyarakat yang membutuhkan. (An).