Ratusan Lowongan Terbuka di Job Fair Gotong Royong

Sumbawa Barat -- Sebanyak 405 peluang pekerjaan menanti para pencari kerja dalam Job Fair Gotong Royong 2023 yang digelar oleh Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Sumbawa Barat (KSB). Acara ini berlangsung di Komplek Kemutar Telu Centre (KTC) Kecamatan Taliwang pada hari Minggu (27/08/2023).

Total 405 lowongan ini disediakan oleh 14 perusahaan yang telah melewati verifikasi ketat dari Disnakertrans KSB untuk memastikan kelancaran dalam mengikuti job fair.

Kepala Disnakertrans, Ir. H. Muslimin, M.Si, melalui Sekretaris Dinas, Slamet Riadi, S.Pi., M.Si, menyatakan bahwa 14 perusahaan sudah konfirmasi partisipasi dalam acara ini. Terdiri dari 7 perusahaan pertambangan, 2 perusahaan non-pertambangan, 4 lembaga penyalur luar negeri, dan 1 lembaga pelatihan.

"Walau awalnya ada 20 perusahaan yang menyatakan minat, namun pada hari H, hanya 14 perusahaan yang benar-benar siap dan berpartisipasi dalam job fair kali ini," ungkap Meta - sapaan akrab Sekretaris Disnakertrans itu.

Ia menguraikan, Job Fair menjadi platform untuk menginformasikan kebutuhan tenaga kerja dari berbagai perusahaan secara terbuka, sesuai dengan peraturan daerah nomor 13 tahun 2017. Aturan ini memungkinkan perusahaan merekrut calon tenaga kerja secara transparan dan terbuka dengan koordinasi dari Disnakertrans.

"Melalui Job Fair ini, pencari kerja dapat berinteraksi langsung dengan perusahaan. Dengan demikian, proses penempatan kerja bisa berlangsung lebih efisien, baik untuk penempatan di dalam negeri maupun luar negeri," tambah Meta.

Diungkapkannya, bahwa Disnakertrans tidak hanya berfokus pada perusahaan-perusahaan dalam negeri, seperti yang bergerak di sektor pertambangan atau sektor lainnya. Mereka juga mendukung penempatan pekerja luar negeri.

"Job Fair Gotong Royong 2023 tidak hanya tentang penempatan. Acara ini juga memberi kesempatan kepada Lembaga Pelatihan Kerja Swasta (LPTKS) terakreditasi untuk memperkenalkan diri sebagai mitra pemerintah dalam meningkatkan kualifikasi Sumber Daya Manusia melalui pelatihan sesuai kebutuhan pasar kerja," tambahnya.

Pada kesempatan itu, Meta mengucapkan terima kasih kepada semua perusahaan yang telah berpartisipasi dalam acara Job Fair Gotong Royong 2023. Kehadiran dan dukungan perusahaan-perusahaan tersebut telah menjadikan acara ini sukses dan bermanfaat bagi para pencari kerja.

"Kami menghargai upaya dan komitmen para perusahaan dalam memberikan peluang berharga kepada calon tenaga kerja, baik di dalam negeri maupun luar negeri. Semoga kolaborasi ini dapat berlanjut di masa depan, dan kami berharap dapat terus bekerja sama dalam menghubungkan pencari kerja dengan peluang kerja yang sesuai dengan keahlian dan minat mereka," pungkasnya. (An).