Diskominfo KSB Sediakan Internet Gratis di Komplek KTC

Sumbawa Barat -- Pemerintah Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) melalui Dinas Komunikasi dan Informatika, telah memulai penyediaan fasilitas internet gratis (wifi) di seluruh area perkantoran Komplek Kemutar Telu Center (KTC) Kota Taliwang pada tanggal 11 September 2023. 

Kepala Dinas Kominfo melalui Kepala Bidang Informatika Firman Dwi Putra, S.Sos mengumumkan bahwa dalam memberikan layanan jaringan internet gratis ini, pihaknya bekerja sama dengan Internet Service Provider (ISP) Nasional yang sudah mengantongi ijin dari Kementerian Kominfo untuk mendukung program KTC Smart.

(Foto: Kepala Bidang Informatika Firman Dwi Putra, S.Sos)

"Salah satu tujuan dari program KTC Smart adalah memberikan layanan akses internet gratis di area publik, terutama di titik-titik akses di komplek KTC. Komplek KTC bukan hanya pusat perkantoran, tetapi juga menjadi tempat rekreasi, bermain, festival seni dan budaya, serta Car Free Day," jelas Firman - Sapaan akrabnya. Senin (11/09/2023).

Firman menekankan bahwa target utama dari jaringan internet gratis ini adalah untuk memudahkan komunikasi dan aktivitas digital masyarakat. Dimana saat ini, instalasi jaringan internet gratis telah selesai, dan masyarakat dapat mulai menikmatinya. 

"Jaringan ini dibatasi hingga pukul 22.00 WITA, bertujuan untuk menjaga ketertiban masyarakat. Dengan membatasi akses internet di malam hari, kita dapat mengurangi potensi gangguan atau keributan yang dapat terjadi akibat penggunaan internet yang berlebihan atau kurang bertanggung jawab di fasilitas umum," jelasnya.

Tak hanya itu, pembatasan ini juga bertujuan untuk menjaga anak-anak dan remaja. Malam adalah waktu ketika anak-anak seharusnya istirahat untuk tidur dan bersiap untuk sekolah esok hari. Dengan membatasi akses internet, kita dapat membantu memastikan bahwa mereka mendapatkan waktu tidur yang cukup dan menjaga kesehatan mereka.

"Rencananya internet gratis ini akan diperluas ke seluruh area publik di Kota Taliwang ke depan, dengan harapan dapat meningkatkan konektivitas dan akses internet untuk masyarakat di Kabupaten Sumbawa Barat ini." pungkasnya. (An).