PT. AMNT Buka Suara Soal Kecelakaan Haul Truk

(Foto ist: Kendaraan Houl Truck)

Sumbawa Barat - PT Amman Mineral Nusa Tenggara (AMNT) buka suara soal kecelakaan haul truk 793 di area tambang batu hijau, Selasa (07/02/2023) dini hari.

Head Coorporate and Communication PT.AMNT, Kartika Oktaviana dalam keteranganya, Selasa (07/02/2023), menyebutkan, bahwa saat ini korban kecelakan haul truk dalam keadaan sehat walafiat dan tidak mengalami cidera apapun.

"Kondisi korban tidak mengalami cidera apapun serta tidak ada korban jiwa akibat kecelakaan haul truck yang terjadi pada pukul 07:00 Wita. Alhamdulillah sehat wal afiat," kata Vina.

Dijelaskan bahwa, pengemudi haul truck memiliki pengalaman kerja selama empat tahun ini, berada dalam keadaan sehat wa’alfiat dan kondisi psikologis juga baik, terlihat dari respon pengemudi saat menjalani tes kesehatan pasca kecelakaan. 

"Alhamdulillah korban sudah berpengalaman selama 4 tahun. Jadi kondisi psikologis korban saat kejadian terkontrol dan tidak ada rasa kepanikan," terangnya.

PT AMNT, kata dia, selalu menerapkan protokol Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) dengan ketat, salah satunya adalah pelatihan bagi para karyawan dan mitra bisnis, untuk menjalankan pekerjaan mereka dengan aman, termasuk saat menghadapi kondisi gawat darurat. 

Disisi lain, penyebab kecelakaan belum bisa dijelaskan. Yang jelas pihaknya akan melakukan investigasi mendalam.

"Saat ini, penyebab kecelakaan masih terus di investigasi sesuai dengan prosedur kesehatan dan keselamatan kerja yang berlaku. Sehingga laporan resmi kami akan segera kami sampaikan ke Kementerian ESDM sebagai pihak berwenang sebagaimana peraturan terkait," tandasnya.

Kemudian, disisi lain juga PT AMNT memastikan operasional tambang tidak mengalami kendala meskipun telah terjadi accident.

"Walaupun telah terjadi accident namun, operasional tambang terus berjalan tanpa kendala," pungkasnya.


Tentang AMMAN

PT Amman Mineral Nusa Tenggara (AMMAN) adalah perusahaan tambang dan pemrosesan tembaga dan emas kedua terbesar di Indonesia, yang memiliki kapabilitas operasional kelas dunia. AMMAN mengoperasikan tambang Batu Hijau dan berbagai prospek tembaga dan emas lainnya di Kabupaten Sumbawa Barat, Provinsi Nusa Tenggara Barat. Dalam enam tahun sejak mengakuisisi tambang Batu Hijau di tahun 2016, AMMAN telah meningkatkan efisiensi dan produktivitas operasional hingga mencapai rekor tertinggi dalam sejarah Batu Hijau.

AMMAN selalu mengambil langkah terdepan dalam meminimalisir dampak lingkungan dari kegiatan operasionalnya. AMMAN telah mendapatkan berbagai penghargaan atas keberhasilannya mengelola lingkungan, antara lain Trofi Aditama, yang merupakan penghargaan tertinggi dari Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM). Operasional AMMAN didasarkan pada visi untuk menjadi organisasi transformatif yang menciptakan warisan terbaik. AMMAN juga menjalankan berbagai inisiatif untuk menciptakan dampak positif bagi masyarakat di sekitar wilayah operasional dan mempromosikan nilai kebebasan, toleransi, pengembangan diri, dan kesejahteraan, bagi masyakarat sekitar. (AN).