Bupati KSB Pimpin Apel Pencanangan Bulan Bakti Gotong Royong Masyarakat

Sumbawa Barat, – Bupati Sumbawa Barat Dr. Ir. H. W. Musyafirin, MM memimpin Apel Pencanangan Bulan Bakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) Kabupaten Sumbawa Barat Tahun 2023 bertempat di Lapangan Sepak Bola Desa Rempe Kecamatan Seteluk pada Selasa (06/06/2023), pagi.

Turut hadir Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), Dandim 1628/Sumbawa Barat, Kapolres Sumbawa Barat, Sekretaris Daerah KSB, Para Asisten, Kepala Dinas, Kepala Badan, TNI dan Polri, Kepala Desa, Lurah dan Agen Gotong Royong.

Dalam momentum ini, Bupati Sumbawa Barat Dr. Ir. H. W. Musyafirin, MM mengungkapkan bahwa Pemberdayaan Gotong Royong di Kabupaten Sumbawa Barat telah dilaksanakan secara formal lebih dari 7 tahun silam. Program Daerah Gotong Royong yang dimuat perubahannya dalam Perda No. 1 Tahun 2021 mengusungkan dan menegakkan arah dari nilai yang berserakan kemudian diformalisasikan, disamping memiliki makna juga telah menjadi Instrumen Pembangunan.

Menjadi satu-satunya daerah di Indonesia yang memformalisasikan Gotong Royong ke dalam Peraturan Daerah, Bupati Sumbawa Barat Dr. Ir. H. W. Musyafirin, MM merefleksikan Gotong Royong sebagai instrumen pencapaian tujuan pembangunan daerah, “Gotong royong di Kabupaten Sumbawa Barat bukan hanya pada tataran kata. Namun merupakan budaya luhur bangsa, hidup dan dilaksanakan oleh rakyat Sumbawa Barat. Jika di daerah lain gotong royong masih dalam tatataran perbaikan mental. Namun di KSB sudah diaktualisasikan dalam mencapai tujuan. Dengan gotong royong kita mampu menuntaskan 5 Pilar STBM, dan menjadi satu-satunya di Indonesia”, ungkap Bupati.

Bupati Sumbawa Barat Dr. Ir. H. W. Musyafirin, MM mengimbau dan mengingatkan kepada semua pihak untuk terus meningkatkan semangat gotong royong dalam berbagai bidang. “Gotong royong bukan hanya perihal angkut sampah dan bersih-bersih, namun gotong royong adalah keja bersama, kerja partisipatif, kolaboratif. Pada semua lini kita gunakan pendekatan gotong royong. Gotong royong merupakan instrumen pencapaian tujuan dan sarana membangun silaturrahmi. Saya percaya agenda-agenda ke depan masih banyak yang memerluka peran serta masyarakat yang harus kita kerjakan dengan cara gotong royong. InsyaAllah dengan partisipasi kita semua, kita akan bisa mensejajarkan diri dengan kabupaten-kabupaten lain. Tetapi itu juga tidak penting, bagi kita bagaimana KSB ini menjadi baik, menjadi negeri baik, menjadi negeri yang Baldatun Toyyibatun Warabbun Ghafur. Tidak harus mengalahkan daerah lain, tetapi bagaimana kita meningkatkan kinerja kita, kinerja masyarakat, kinerja aparatur dengan gotong royong sehingga Negeri baik Baldatun Toyyibatun Warabbun Ghafur akan kita capai “, jelas Bupati.

Diakhir pidatonya, Bupati Sumbawa Barat Dr. Ir. H. W. Musyafirin, MM menyampaikan penghargaan dan terima kasih kepada para Agen Gotong Royong (AGR) atas kinerja-kinerja luar biasanya hingga saat ini. “Saya mengucapkan terima kasih kepada seluruh masyarakat terutama Agen-Agen Gotong Royong. Kita masih punya tantangan ke depan, seperti yang kita ketahui bahwa Bapak Presiden sudah berkomitmen untuk menuntaskan kemiskinan ekstrim tahun 2024. Inipun harus kita realisasikan dengan gotong royong. Meski BPS belum memberitahukan kita terkait angka kemiskinan ekstrim, tapi kita sudah melakukan pendataan oleh agen gotong royong sebanyak 3,32% Fakir Miskin (FM 332). Sejak tahun 2017 hingga sekarang terus kita berikan santunan sebesar Rp300.000/bulan. Sekarang berapapun angka yang turun dari hasil pendataan BPS terkait miskin ekstrim, kita sudah menyiapkan anggaran sebesar Rp600.000/bulan. Sehingga insyaAllah mendahului kebijakan APBN, kita sudah siap mengatasi miskin ekstrim di KSB”, Tutup Bupati.

Pada momentum ini juga Bupati menyerahkan Alat Kebersihan kepada perwakilan AGR dan masyarakat sebagai tanda dicanangkannya BBGRM Kabupaten Sumbawa Barat Tahun 2023. Bupati juga menyerahkan Hadiah Lomba Desa/Kelurahan tingkat Kabupaten Sumbawa Barat Tahun 2023, penyerahan paket stunting kepada balita dan anak stunting di Desa Rempe. (An).