Besok, Disnakertrans Sumbawa Barat Bakal Gelar Job Fair di KTC

(Foto: Sekretaris Disnakertrans KSB, Slamet Riadi, S.Pi., M.Si)

Sumbawa Barat - Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) akan kembali menyelenggarakan Job Fair, sebuah bursa kerja, yang berlangsung selama dua hari mulai Sabtu, 26 Agustus hingga Minggu, 27 Agustus 2023. Acara ini akan digelar di komplek Kemutar Telu Centre (KTC).

Kepala Disnakertrans KSB, Ir. H. Muslimin, M.Si melalui Sekretaris Dinas, Slamet Riadi, S.Pi., M.Si, mengungkapkan bahwa persiapan telah dilakukan untuk memastikan suksesnya acara ini. Langkah pertama adalah mengidentifikasi perusahaan-perusahaan yang akan membuka lowongan pekerjaan selama acara berlangsung.

"Sebanyak 20 perusahaan telah mengkonfirmasi partisipasinya dalam Job Fair ini. Terdiri dari 10 perusahaan tambang, 2 perusahaan non-tambang, 4 lembaga penyalur luar negeri, dan 4 lembaga pelatihan," ungkapnya saat di wawancarai media, Kamis (24/08/2023).

Meta - sapaan akrab Sekretaris Disnakertrans menjelaskan bahwa semua perusahaan akan menerima lamaran dari para pencari kerja pada hari terakhir acara, yaitu hari Minggu. Pada hari pertama, Sabtu, perusahaan-perusahaan ini akan mempromosikan diri mereka. Selain Job Fair, hari Sabtu juga akan diramaikan dengan kegiatan car free day dan lapak-lapak UMKM.

Dalam kesempatan ini, Meta mengundang semua pencari kerja, baik yang baru lulus Sekolah Menengah, lulus kuliah (fresh graduate) maupun yang telah memiliki pengalaman kerja, untuk ikut serta dalam Job Fair ini.

"Pelaksanaan Job Fair ini mencerminkan tanggung jawab pemerintah daerah dalam mengatasi angka pengangguran serta memberikan lebih banyak peluang kerja kepada semua pihak, terutama para pencari kerja," pungkasnya. (An).