Desa Persiapan Seteluk Rea Tampil di Lomba Baguntung: Menghidupkan Kembali Seni dan Budaya Lokal

Sumbawa Barat -- Seni dan budaya menjadi jembatan yang menghubungkan masa lalu dengan masa kini. Untuk memperkokoh peran masyarakat dalam melestarikan warisan seni dan tradisi, sebuah Kegiatan Seni Budaya digelar dengan meriah di Gedung Serba Guna Kecamatan Seteluk. 

Dalam kesempatan yang berharga ini, Desa Persiapan Seteluk Rea turut ambil bagian dalam lomba Baguntung tersebut.

Abdul Malik, S.Pt., Penjabat Kepala Desa Persiapan Seteluk Rea, menjelaskan, bahwa partisipasi dalam lomba ini diharapkan akan membangkitkan semangat generasi muda untuk kembali menggali, mengeksplorasi, dan melestarikan seni dan budaya yang khas dari Desa Persiapan Seteluk Rea.

"Harapannya, acara ini dapat menumbuhkan rasa cinta dan kebanggaan masyarakat terhadap kekayaan seni, tradisi, dan budaya lokal," kata Abdul Malik. Senin (14/08/2023).

Lebih lanjut, Abdul Malik menegaskan bahwa kegiatan ini bukan hanya tentang kompetisi, melainkan juga menjadi wahana untuk mempererat hubungan antara para pelaku seni, pengamat seni, lembaga kebudayaan, dengan pemerintah dan masyarakat secara keseluruhan.

Partisipasi Desa Persiapan Seteluk Rea dalam lomba Baguntung menjadi salah satu langkah konkret dalam upaya mempertahankan dan merawat kearifan lokal, serta menjaga keberlangsungan tradisi yang turun-temurun. 

"Keberadaan lomba semacam ini menjadi langkah penting dalam menghidupkan kembali semangat dan apresiasi terhadap seni dan budaya lokal yang kaya akan nilai-nilai dan keindahan," pungkasnya (tim).