TAGANA Ujung Tombak Dinas Sosial KSB Bantu Warga Terdampak Bencana

(Foto: Tim TAGANA Dinas Sosial Kabupaten Sumbawa Barat saat membuat tenda darurat untuk korban bencana kebakaran)

Sumbawa Barat -- Taruna Siaga Bencana (TAGANA) menjadi ujung tombak Dinas Sosial dalam upaya membantu warga yang terdampak bencana di Kabupaten Sumbawa Barat (KSB). Pada tanggal 8 Agustus 2023, tim ini tampil sigap dan tanggap saat sebuah kebakaran melalap tiga tempat usaha di jalan lang sesat tanah mira, kelurahan Dalam, Kecamatan Taliwang.

Tim TAGANA Dinas Sosial KSB cepat tanggap dalam melakukan penyelamatan, melakukan asesmen dan memberikan bantuan terhadap korban kebakaran. 

(Foto: Kepala Dinas Sosial, dr. H. Syaifuddin didampingi Kepala Bidang Perlindungan dan Jaminan Sosial, Dilla Adekayanti, SE)

Dalam wawancara dengan Kepala Dinas Sosial, dr. H. Syaifuddin, dijelaskan bahwa tim TAGANA memiliki tiga tugas utama, yaitu rescue atau menyelamatkan nyawa dan barang-barang korban, melakukan asesmen atau pendataan awal, serta memberikan pertolongan dan perlindungan kepada korban.

"Berdasarkan Standar Operasi Prosedur (SOP), tim TAGANA dituntut harus berada di lokasi kejadian dalam waktu kurang dari 1 jam, dan untuk menyelesaikan tugas utama tersebut, tim TAGANA bersama tim Perlindungan Sosial harus dapat menyelesaikannya dalam waktu 1x24 jam. Namun, kenyataannya tim TAGANA dan tim Perlindungan Sosial kerap menyelesaikan tugasnya dalam waktu kurang dari 2 jam dalam memberikan perlindungan sosial kepada para korban," ungkapnya.

dr. H. Syaifuddin yang disematkan Bupati, Dr. Ir. H. W Musyafirin, MM, sebagai kepala dinas yang penuh ide dan inovasi menjelaskan bahwa bantuan yang disediakan oleh Dinas Sosial didasarkan pada kebutuhan mendesak pasca-kejadian, seperti makanan, minuman, tempat berteduh, dan pengungsian sementara selama tujuh hari ke depan.

Selain itu, Dinas Sosial juga akan melakukan asesmen lanjutan setelah tujuh hari untuk memeriksa keadaan mental korban. Jika ditemukan tanda-tanda trauma, layanan psikologi sosial akan diberikan untuk membantu mengatasi dampak psikologis akibat bencana tersebut.

"Kami akan berkoordinasi dengan unit-unit Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lainnya untuk memenuhi kebutuhan korban yang mungkin tidak dapat dipenuhi oleh Dinas Sosial. Hal ini dalam rangka mencapai efek positif, harapannya agar setiap tindakan yang dilakukan dapat membantu korban bencana pulih dengan lebih cepat dan melanjutkan kehidupan dengan normal kembali," pungkasnya.

Untuk diketahui, Pemerintah Daerah Kabupaten Sumbawa Barat melalui Dinas Sosial telah menyalurkan bantuan kepada para korban kebakaran di jalan lang sesat Tanah Mira, Kelurahan Dalam, Kecamatan Taliwang pada Selasa sore (08/08/2023).

Bantuan yang disalurkan sangat beragam, mencakup ratusan kg beras, kids ware, kasur, makanan siap saji, peralatan keluarga, selimut, tikar, terpal, makanan khusus anak-anak, bantal, perlengkapan dapur, serta perlengkapan makanan. Bantuan ini diharapkan dapat memberikan kenyamanan dan kebutuhan dasar kepada para korban selama tujuh hari ke depan. (An).