Kadis PUPR KSB Jelaskan Manfaat Bendungan Lamunga

Sumbawa Barat -- Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kabupaten Sumbawa Barat (KSB), Syahril menjelaskan Tujuan dianggarkan Pembangunan Bendungan Lamunga yang berada di Desa Lamunga Kecamatan Taliwang.

"Dengan adanya bendungan lamunga ini, dapat meningkatkan fungsi sumber daya air, pengawetan air, pengendalian daya rusak air, dan fungsi pengamanan tampungan air atau tampungan lumpur disaat musim hujan," kata Syahril kepada media. Rabu (27/03/2024)

Selain itu, Syahril mengatakan, bahwa tujuan dibangunnya bendungan lamunga adalah agar produktivitas pertanian terutama padi dan komoditas holtikultura bisa naik yang akan berdampak pada ketahanan pangan.

“Itulah tujuan utama dari dibangunnya bendungan di Lamunga, selain memang ada juga fungsi lainnya untuk wisata, pembangkit listrik dan penyediaan air baku,” tutur Sahril

Masih kata Sahril, Salah satu manfaat bendungan bagi manusia ialah untuk irigasi.Selain itu, masih ada manfaat bendungan lainnya.Bendungan merupakan konstruksi yang dibangun untuk menahan laju aliran air pada sungai dan membentuk sebuah tampungan air yang biasa disebut waduk.

”hadirnya Bendungan Lamunga, memiliki beberapa manfaat penting antara lain irigasi, penyediaan air bersih, sebagai PLTA, pengendali banjir, perikanan, pariwisata dan olahraga air. Dalam pembangunan bendungan tentu bertujuan untuk memberikan manfaat dan kesejahteraan bagi masyarakat tetutama petani, agar Pembangunan ditujukan untuk mencapai kondisi yang lebih baik dari sebelumnya," pungkasnya. (Tim).